me and friends

me and friends

Selamat Datang

Bienvenue sur mon blog - FARIDA - L'Université Narotama Surabaya

Selasa, 30 Juni 2015

Tugas 4 Komunikasi Bisnis - Negosiasi


Nama : Farida
NIM  : 01113043
Prodi : Akuntansi



Negosiasi Bisnis
Peran Utama ;
Farida sebagai Direktur Taman Hiburan / bermain “DreamLand”
Tyas sebagai Sekertaris Direktur
Ava sebagai Pimpinan Grup Sirkus

Tema     : Negosiasi untuk mendapatkan perpanjangan kontrak

DreamLand adalah Taman Hiburan/bermain yang ramai pengunjung, ada banyak wahana bermain dan tempat wisata yang menakjubkan. Ada pula grup sirkus yang mewarnai keramaian di DreamLand, namun karena terjadi sedikit kekacauan yang dilakukan oleh grup sirkus Direktur DreamLand tidak ingin memperpanjang kontrak untuk Grup sirkus.

Percakapan antara Direktur dengan Sekertaris ;
Farida : Mbak Tyas, Apa yang terjadi di DreamLand hari ini?
Tyas  : Maaf bu, hari ini ada sedikit kekacauan yang terjadi disekitar taman bermain.
Farida : Kekacauan apa yang anda maksud?
Tyas  : Ada Hewan /binatang sirkus yang kabur dari area sirkus yang sedang mengamuk dan berlari-lari ditaman bermain saat ini dan mengganggu para pengunjung, Bu.
Farida : Apa? Kenapa bisa terjadi? Segera hubungi bagian keamanan dan semua anggota sirkus untuk cepat menangkapnya sebelum ada pengunjung yang terluka.
Tyas  : Baik bu.                                                                                                                                                   (Percakapan melalui telepon). Hallo bagian keamanan ,harap segera menangkap binatang yang lepas dari area sirkus secepatnya. Sebelum ada pengunjung yang terluka.
Farida : Mbak Tyas ,kalau tidak salah hari ini adalah penandatanganan perpanjangan kontrak Grup Sirkus?
Tyas   : Iya bu, hari ini Grup sirkus akan menandatangani kontrak baru.
Farida : Tidak mbak, saya tidak akan membiarkan kekacauan yang terjadi kemarin terulang lagi,saya tidak akan memberikan kontrak baru kepada mereka.
Tyas  : Tapi bu, Grup sirkus merupakan salah satu yang mempunyai pendapatan tertinggi 2 tahun terakhir.
Farida : Sudah, ini adalah perintah.
Tyas  : Baik Bu.

Setelah mendapat perintah dari Direktur Dreamland tentang pemberhentian kontrak untuk Grup Sirkus. Tyas (Sekertaris) langsung bergegas menyampaikan kepada Pimpinan Grup Sirkus (Bu Ava).
Tyas  : Selamat Siang Bu ava
Ava  : Iya Selamat siang Bu Tyas, Apa bu tyas kesini untuk membicarakan surat perpanjangan kontrak Grup sirkus  ? Apa saya bisa menandatanganinya sekarang?
Tyas  : Mohon maaf sebelumnya Bu, DreamLand tidak akan memberi perpanjangan kontrak untuk Grup Sirkus kalian.
Ava   : Apa? Kenapa seperti itu ?
Tyas  : Karena Direktur tidak ingin kekacauan seperti kemarin terjadi lagi di area DreamLand ini, itu akan membahayakan para pengunjung yang datang serta menurunkan reputasi taman hiburan ini. Saya harap Ibu bisa mengerti apa yang saya maksud.
Ava  : Bu Tyas, tolong izinkan saya untuk bertemu langsung dengan Direktur. Saya akan menjelaskan semua kesalahpahaman tentang kekacauan ini pada Direktur secara langsung.
Tyas  : Maaf Bu, tidak bisa, hari ini Direktur sedang tidak ada ditempat, Direktur sedang ada urusan diluar kantor.
Ava  : Kapan Direktur kembali ke kantor, saya mohon aturkan jadwal saya untuk bertemu dengan Direktur.
Tyas  : Baiklah, nanti saya akan atur jadwal anda setelah Direktur kembali kekantor.
Ava  : Terima Kasih banyak Bu Tyas
Tyas  : Iya sama - sama

Selang beberapa jam kemudian, Direktur kembali kekantor dengan membawa Surat Hasil Tes Kesehatannya dari Rumah Sakit Dream Medika dan bertemu dengan Sekertarisnya.
Tyas  : Bagaimana hasil pemeriksaan kesehatan Anda Bu?
Farida : Anda lihat saja sendiri ( Sambil memberikan Map berisi hasil tes kesehatan kepada Sekertaris Tyas ).
Tyas  : Bu, dari hasil tes ini anda positif mengalami gangguan kepanikan?
Farida : Iya.
Tyas  : Dan kondisi ini sudah semakin memburuk, Bu? Bagaimana kalau Direktur - Direktur yang lain mengetahui hasil tes ini, Bu? Posisi Anda sebagai calon  Direktur Utama di Dreamland Group ini akan terancam bu. Ini akan menjadi keadaan yang sulit bagi Anda Bu Farida, minggu depan akan diselenggarakan pemungutan suara untuk jabatan ini.
Farida : Iya saya tahu. Maka dari itu saya berharap hasil Tes kesehatan ini tidak  diketahui orang lain.
Tyas  : Iya Bu saya mengerti, saya akan menyimpan baik - baik berkas ini.
Farida : Bagus, terima kasih.

Selang beberapa lama Tyas pergi ke toilet dengan membawa berkas/map hasil tes kesehatan Direktur. Namun tiba - tiba Tyas lupa membawa kembali berkas - berkas tersebut yang di letakkan didekat wastafel sebelum mencuci tangannya. Tak lama kemudian, Map tersebut ditemukan oleh Ava ketika hendak mencuci tangan di wastafel, kemudian Ava berfikir akan menggunakan berkas itu untuk bernegosiasi agar Grup sirkus yang dipimpinnya bisa mendapat perpanjangan kontrak kembali.
Keesokan harinya Ava bertemu dengan Sekertaris Tyas dan meminta agar hari itu juga Ava bisa bertemu langsung dengan Direktur DreamLand.
Ava  : Bu Tyas, saya bisa bertemu dengan Direktur sekarang?
Tyas  : Tapi Direktur sedang tidak ada diruangan sekarang Bu Ava, kalau berkenan Bu Ava bisa menunggu sebentar dikursi itu.
Ava  : baiklah. Terima kasih Bu Tyas.

Sejam kemudian Direktur datang dan memasuki Ruangannya.
Tyas  : Direktur, Bu Ava ingin bertemu Anda, dia sudah menunggu dari tadi diruang tunggu.
Farida : Baik, suruh dia masuk.
Tyas  : Iya Bu. (Sambil berjalan keluar dan menemui Bu Ava) Bu Ava, silahkan masuk Direktur sudah menunggu didalam.
Ava  : Terima kasih, Bu Tyas.
Tyas  : Sama - sama Bu.

Pimpinan Grup Sirkus bertemu dengan Direktur.
Ava  : Selamat siang Direktur. (Sambil mengetuk pintu ruangan Direktur).
Farida : Iya Selamat siang, silahkan masuk. Apa yang membawa anda datang kesini dan ingin bertemu dengan saya.
Ava  : Saya ingin membicarakan tentang perpanjangan kontrak Grup Sirkus.
Farida : Bukannya sekertaris saya sudah menemui anda dan menyampaikan kepada anda kalau saya tidak akan memperpanjang Grup Sirkus anda lagi.
Ava  : iya Bu, saya sudah mendengar dari penjelasan Bu Tyas beberapa waktu yang lalu, tapi saya datang menemui anda untuk bernegosiasi.
Farida : Negosiasi untuk apa lagi? Saya tidak punya urusan dengan anda lagi, silahkan keluar?
Ava  : Iya saya tahu, tapi saya punya sesuatu untuk anda negosiasikan dengan saya. (Sambil menyerahkan Map/berkas hasil Tes kesehatan)
Farida : Kenapa berkas ini bisa ada pada anda ? (sangat terkejut)
Ava  : Saya menemukannya kemarin di toilet sewaktu saya mau mencuci tangan. Saya tahu bahwa ini sangat penting bagi anda, bayangkan saja jika saya membocorkan rahasia tentang penyakit anda, saya yakin anda akan dihapus dari daftar pencalonan Direktur Utama di DreamLand Group ini.
Farida : (Diam sejenak sambal memikirkan cara untuk bernegosiasi ). baik saya ingin bernegosiasi, apa yang anda inginkan?
Ava  : Saya ingin anda memperpanjang kontrak Grup Sirkus lagi.
Farida : Baik akan saya turuti kemamuan anda. Saya akan memperpanjang kontrak Grup Sirkus untuk 2 tahun kedepan.
Ava  : Apa? Kenapa hanya 2 tahun Direktur?
Farida : Iya menurut saya itu waktu yang cukup untuk Grup Sirkus anda.
Ava  : Tidak, Direktur.saya mau kontrak ini diperpanjang selama 10 tahun.
Farida : Mohon maaf. Tidak bisa, itu terlalu lama. Bagaimana dengan 3 tahun?
Ava  : Tidak Bu. Saya tetap mau kontrak ini diperpanjang selama 10 tahun.
Farida : Bagaimana kalau 5 tahun.
Ava  : Maaf Bu, saya mau 10 tahun. Jika anda tidak mau tidak apa - apa, Saya akan pergi ke kantor CEO DreamLand Group untuk memberikan berkas ini sekarang juga.
Farida : Tidak, jangan lakukan itu. Baiklah saya akan memperpanjang kontrak Grup Sirkus selama 10 tahun dengan syarat anda harus menjaga rahasia ini. (sambil menandatangani persetujuan kontrak).
Ava  : Baik Bu. Terima Kasih, saya janji akan merahasiakan semua ini dan akan segera mengembalikan berkas ini pada anda.

Demikian Negosiasi yang dilakukan untuk mendapatkan perpanjangan kontrak yang dilakukaan oleh Direktur Dreamland dengan Pimpinan Grup Sirkus.

Atau bisa kunjungi Link berikut ini : Tugas Negosiasi Bisnis



Tidak ada komentar :

Posting Komentar